Komodo – Hewan Purba Asli Indonesia yang Dilindungi

Komodo – Hewan Purba Asli Indonesia yang Dilindungi

Komodo – Hewan Purba Asli Indonesia yang Dilindungi

Komodo – Hewan Purba Asli Indonesia yang Dilindungi

Komodo, (Varanus komodoensis), spesies kadal terbesar yang masih ada. Naga adalah biawak dari keluarga Varanidae. Itu terjadi di pulau Komodo dan beberapa pulau tetangga di Kepulauan Sunda Kecil Indonesia. Ketertarikan populer pada ukuran kadal yang besar dan kebiasaan pemangsa telah membuat spesies yang terancam punah ini menjadi daya tarik ekowisata, mendorong konservasinya.

Kadal tumbuh hingga 3 meter (10 kaki) panjang total dan mencapai berat sekitar 135 kg (sekitar 300 pon). Meskipun sebagian besar anak anjing dihasilkan melalui reproduksi seksual, betina yang diisolasi dari jantan terkadang menghasilkan keturunan dengan partenogenesis.

Ia menggali lubang sedalam 9 meter dan bertelur yang menetas pada bulan April atau Mei. Benih yang baru menetas, panjangnya sekitar 45 cm, hidup di pohon selama beberapa bulan. Rubah dewasa memakan anggota yang lebih kecil dari spesies mereka sendiri dan terkadang bahkan orang dewasa lainnya. Mereka bisa berlari cepat dan sesekali menyerang dan membunuh orang. Namun, bangkai adalah makanan utama mereka, meskipun mereka sering menunggu di sepanjang jalur permainan untuk menarik babi, rusa, dan sapi. Mereka jarang perlu langsung menangkap mangsa hidup, karena gigitan berbisa mereka menghasilkan racun yang menghambat pembekuan darah. Terduga korban mereka shock karena kehilangan banyak darah. Beberapa herpetologis mencatat bahwa trauma fisik dari menggigit dan memasukkan bakteri dari mulut komodo ke dalam luka juga berperan dalam memperlambat dan membunuh mangsa. Rubah Komodo sering menemukan mangsanya dalam kematian atau segera setelah kematian.

Fakta-fakta Unik Komodo

Berburu Menggunakan Lidahnya

Indera perasa mereka telah berkembang dengan sempurna sehingga rubah Komodo dapat merasakan udara dan membedakan partikel yang tertinggal oleh hewan yang berbeda. Meskipun penglihatan dan penciuman mereka cukup lemah, lidah mereka yang bercabang dan bercabang dapat mendeteksi korban atau umpan mereka yang sekarat untuk jarak hingga 9 km.

Hewan Kanibal

Mereka tidak hanya kanibal, tetapi juga diketahui bahwa Komodo memakan keturunannya sendiri. Setelah telur menetas, bayinya secara naluriah memanjat pohon tinggi untuk mencegah mereka dimakan oleh ibu mereka atau Komodo terdekat lainnya. Mereka dapat tinggal di pohon sampai mereka berusia empat tahun, ketika mereka kembali ke tanah dan dapat hidup hingga 30 tahun.

Bisa Bertelur Tanpa Dibuahi Komodo Jantan

Komodo bersifat partenogenetik, yang berarti bahwa betina dapat hamil tanpa bantuan sperma jantan. Sebaliknya, telur mereka dapat saling membuahi, seperti yang terjadi pada rubah Komodo yang hidup di penangkaran. Namun, menarik bahwa hewan ini juga dapat bereproduksi secara seksual. Apakah mereka memilih untuk bereproduksi secara seksual atau aseksual tergantung pada kondisi di lingkungan mereka.

BurnsFAdm

No Any widget selected for sidebar

Create Account



Log In Your Account



X