Paus Beluga Si Kepala Melon yang Cerdas, Ramah dan Lucu

Paus Beluga Si Kepala Melon yang Cerdas, Ramah dan Lucu

Paus Beluga Si Kepala Melon yang Cerdas, Ramah dan Lucu

Paus Beluga Si Kepala Melon yang Cerdas, Ramah dan Lucu

Burnsforcongres – Paus Beluga berwarna abu-abu gelap seperti anak sapi. Kulit mereka menjadi lebih terang seiring bertambahnya usia dan menjadi putih saat dewasa. Mereka tidak memiliki mimbar atau paruh yang jelas, dan bagian atas kepala mereka dicirikan oleh ‘melon’ yang bulat dan fleksibel yang memfokuskan dan memodulasi vokalisasi mereka, termasuk ‘klik’. Ini adalah paus bergigi dengan 18 hingga 20 gigi di rahang atas dan bawah, dengan total 36 hingga 40 gigi.
Nama genus Delphinapterus diterjemahkan menjadi “lumba-lumba tanpa jari.” Alih-alih sirip punggung, beluga memiliki punggung yang kokoh, yang membuatnya lebih mudah untuk berenang di bawah lalat es (es yang mengapung). Tidak seperti paus dan lumba-lumba lainnya, tulang leher mereka tidak menyatu, memungkinkan beluga mengangguk dan menggerakkan kepala mereka dari sisi ke sisi.

Paus Beluga tertutupi dengan lapisan daging tebal yang menutupi hingga 40 persen dari beratnya. Bacon membuat mereka tetap hangat di perairan Arktik dan menyimpan energi. Beberapa populasi beluga kehilangan lapisan kulit luarnya setiap musim panas selama pergantian kulit tahunan. Mereka bergesekan dengan kerikil kasar di air dangkal untuk menghilangkan kulit tua yang menguning.

Perilaku Paus Beluga

Beluga adalah hewan sosial. Setiap musim panas mereka kembali ke tanah air mereka untuk memberi makan dan melahirkan. Kelompok dapat berkisar dari satu atau dua paus hingga ratusan paus. Individu berpindah antar kelompok dalam populasi ini, tidak seperti beberapa paus pembunuh, yang memiliki ikatan kuat di dalam polongnya dengan induknya.
Beluga terkenal sebagai ‘kenari laut’ karena mereka menghasilkan banyak suara yang berbeda, termasuk peluit, jeritan, rendah, kicauan dan klik. Mereka mengandalkan pendengaran dan kemampuan mereka untuk bergema, menggunakan suara untuk menavigasi dan berburu mangsa. Beluga juga memiliki penglihatan yang tajam di dalam dan di luar air.
Paus Beluga memiliki makanan yang bervariasi yang mencakup gurita, cumi-cumi, kepiting, udang, remis, siput, dan cacing pasir. Mereka juga makan berbagai jenis ikan, termasuk salmon, eulachon, cod, herring, smelt, dan flatfish.

Habitat Paus Beluga

Paus Beluga hidup di Samudra Arktik dan laut terdekat di Belahan Bumi Utara. Mereka umum di banyak wilayah Alaska, serta di Rusia, Kanada, dan Greenland. Beluga biasanya ditemukan di perairan pantai dangkal selama bulan-bulan musim panas, seringkali di perairan dangkal. Selama musim lain mereka dapat ditemukan di perairan yang lebih dalam, dan menyelam hingga kedalaman 1000 meter untuk jangka waktu hingga 25 menit. Mereka berenang di antara air terjun es di perairan Arktik dan subarktik, di mana suhunya bisa mencapai 32 ° F. Beluga juga mendiami muara musiman dan delta sungai besar untuk memakan aliran ikan, dan karena itu beradaptasi dengan baik baik di habitat laut dingin maupun habitat air tawar yang relatif lebih hangat.

 

BurnsFAdm

No Any widget selected for sidebar

Create Account



Log In Your Account



X